26.7.08

Kawan Lama, Mengapa Engkau Kembali

Acer Travelmate 3200 Ini pernah ku-install Feisty-Fawn dan Tidak memiliki masalah. Entah bagaimana riwayat dan perjalannya, barang yang sama persis (bukan sekedar merk dan type yang sama) kini menggeletak dengan windows xp bajakan tanpa driver. Konon menurut sahibul hikayat, CD Recoverynya Hilang entah kemana, dan ketika ada gangguan tidak tahu harus bagaimana. Tampaknya mesin dengan dual boot tsb sempat ditangani entah siapa, menhapus sang FeistyFawn dan menggantinya dengan win-xp, ketika virus menerjang, pingsanlah dia.

Live CD

Sahabatku, dengan jabatan resmi IT-Person, tapi suka disuruh mengerjakan banyak hal lain katanya sudah mencoba menginstall Acer Travelmate 3200 ini dengan HardyHeron, tapi tidak sukses. Menurut khabar berita, kadang berhenti ditengah instalasi dan freeze. Pada minggu ke-4 Juli, saat kegiatan kantor sedikit mengendur, Acer Travelmate 3200, dibawa kerumah cikunir dan uniknya dicoba dengan live-CD Linux-Mint Ellysa (5) pun tidak mau boot ..... alamak ..... . Bingung juga nih, pilihan pada LinuxMint demi kepraktisan, karena calon pengguna-nya sama gaptek dengan yg terdahulu. Live-CD HardyHeron tidak berhasil, demikian pula dengan Linux-Mint 5.

Iseng dicoba dengan Ubuntu-Ultimate 1.4 (Feisty Base), ... sukses dan instalasi berjalan lancar. Wah ... tambah bingung, full upgrade dari Feisty ke Hardy akan makan waktu lama dengan sambungan fastnet/first-media paket 768. Akhirnya dicoba dengan HardyHeron-alternate, hehehe ... kali ini burning iso bonus dari majalah kesayangan INFOLINUX.


Alternate CD

Instalasi HardyHeron dengan CD-Alternate sukses, namun ketika loading GDM, screen mendadak freeze, dimatikan dengan brutal dan kembali booting, GDM Sukses tampil, tapi ketika Log-In ke desktop, tidak muncul apapun selain warna coklat, tidak ada panel atau tanda-tanda desktop, namun mouse berfungsi. Jadi tambah Penasaran ... (baca : jengkel).

Setelah dipikir lebih jauh, baru disadari bahwa kartu grafis ATI Radeon Mobility RV350 - 9600 M10 membutuhkan fglrx agar dapat beroperasi dengan tepat, dan ini yang menyebabkan HardyHeron Live CD tidak mampu menampilkan GUI, sementara UbuntuUltimate sejak awal telah menyertakan Restricted Driver secara default. Bila ini jadi sebab, Mustinya Mint dan BlankOn mampu melakukan hal sama. Sayangnya iso BlankOn Lontara entah berada dimana.

Siasat

Enggan melakukan dirty tweak, proses instalasi gunakan alternate-CD, dan setelah instalasi selesai, pilih boot terminal alias Recovery Mode, dan instal restricted driver, untuk kartu grafis ATI : $ sudo aptitude install xserver-xorg-video-fglrx , dari terminal. Persoalannya, mayoritas user awam tidak mampu menggunakan terminal, terutama mengkoneksi ke internet. Selain itu, juga tidak mudah menemukan clue untuk memilih driver, dalam situasi seperti ini asistensi google sangat bermanfaat. Problemnya, bagaimana bila hanya memiliki hanya satu komputer yang belum bisa beroperasi.

siasat mudah ini bisa jadi sangat rumit buat banyak orang, masalah umum di Indonesia, langkanya ketersediaan sambungan internet dan ketidak mampuan menggunakan terminal. Dua hal ini saja sudah cukup bagi banyak orang untuk dijadikan alasan Tidak Menggunakan Linux. Ditambah kendala ketidak pahaman tentang driver hard ware dan hard ware itu sendiri, semakin menggiring ke citra Linux itu Rumit. Mayoritas solusi yang disajikan di Internet, datang dari lingkungan orang-orang yg sangat mudah mendapatkan sambungan internet, tahu memanfaatkan terminal dan faham terhadap hard-ware serta driver.

Tidak heran bila Linux hanya subur di kota-kota besar pada wilayah negara maju, dimana akses internet tersedia dimana-mana dengan biaya sangat murah. Linux hanya digunakan orang-orang dengan kesadaran dan kemengertian tentang hukum, tentang lisensi, ditambah sikap moral dan etika tingkat tinggi. Ditambah kesediaan untuk terus belajar.

ATI Radeon RV350 - 9600 M10 - Compositing

Dengan restricted (atau propetiery) driver, ATI Radeon RV350 9600 M10 pada ubuntu akan secara langsung mengaktifkan COMPIZ Desktop Effect yang mulai sangat populer. Compositing bukan hanya dibutuhkan oleh Compiz, aplikasi seperti AWN (Avant Window Navigator) yang dinisbatkan sebagai kosmetika desktop Linux untuk menyerupai MacOSX juga sangat digemari, juga GoogleEarth dengan fitur yang bisa sangat membantu bagi orang-orang yg banyak membutuhkan informasi geografi.

HardyHeron pada Acer Travelmate 3200 dengan kartu grafis ATI Radeon RV350-9600 M10, compiz berfungsi baik, menggunakan fglrx. Tapi entah mengapa GoogleEarth tidak dapat berjalan mulus, pada start-up googleEarth flicking dan tidak berhenti berkedip sampai akhirnya menampilkan gambar hitam.



GAMBAR HITAM GoogleEarth

Padahal fitur googleEarth ini cukup membantu banyak hal bagi pekerjaan kami. Bila compiz dimatikan, maka secara otomatis compositing juga akan berhenti. Karena pada dasarnya compiz adalah Window Manager dengan compositing.

Untuk yang membutuhkan compositing, tapi Compiz's compositing bermasalah dengan ATI RV350 9600 M10 dan dilaporkan sebagai bug #224160. Tidak perlu berkecil hati karena sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sejak verso 2.20 Gnome yang mengambil Metacity sebagai default window manager telah dilengkapi fitur compositing.

Cara Mudah

Sangat banyak cara mengaktifkan compsiting pada Metacity, dari mulai cara ortodoks dengan command line di-terminal sampai model GUI yang lebih manusiawi. Inilah cara termudah dan paling manusiawi saat ini : pencet Alt+F2 pada keyboard, maka gnome akan menampilkan pop-up



Run Application


Selanjutnya ketik gconf-editor dan klik RUN atau cukup dengan memencet tombol enter.



Gconf Editor


Secara default, compositing pada metacity tidak diaktifkan, klik saja pada menu compositing-manager, dan Tutup jendela Gconf-Editor. Jalankan GoogleEarth dan ternyata beroperasi dengan mulus.




welcome back old friend......

2 comments:

  1. sama pak.... kemaren sayah juga sempat bermasalah dengan VIA..., :))

    ReplyDelete
  2. memang betul kata orang.
    "Hidup adalah Perbuatan".

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.