25.6.07

Feisty & Acer Travelmate 3200














Ini cerita lucu, tapi mungkin banyak terjadi. Kawan deket punya Acer Travelmate 3200 dengan win xp pre-installed. Ini termasuk manusia GAPTEK sebenarnya, tapi tetep pengen komputer bagus (menurut saya) hehehe. Entah darimana dia dapat kiriman virus dan LapTopnya sama sekali gak bisa dipakai kerja. Datang dengan wajah masam dia bilang "LapTop gue rusak, data hilang"... dengan sedikit provokasi dia setuju dijadikan DUAL BOOT.

Mulailah melakukan instalasi, DeskTop dia udah diinstal PCLinuxOS dan katanya sih, enak buat kerja. Akhirnya saya instal ubuntu Feisty dengan CD bawaan shipit; wah semu a berjalan lancar; tidak ada kendala berarti. Entah berapa menit tepatnya proses instalasi ubuntu, karena ditinggal makan siang dan mengerjakan pekerjaan lain. yang jelas begitu ditengok dah selesai instalasinya. Reboot dan muncullah grub yang keren :=)).

Hampir tidak ada kendala berarti dalam instalasi Acer Travelmateb 3200, suara muncul dengan baik, resolusi layar mencapai 1024 x 768 px, WiFi juga bisa berfungsi dan langsung konek ke LAN yang ada ... TANPA TWEAKING. Uniknya di sebelah kanan atas dekat key-board ada tombol 4 buah berdret; (dari kiri) tombol 1 yg ada gambarnya amplop, ketika dipencet langsung meluncutkan EVOLUTION mail client, waduh padahal dan install mail client baru : CLAWS MAIL . Setelah mail client default diganti dengan cara mengubah : system> preferences > prefered aplikation, mengganti evolution dengan claws-mail. Coba pencet lagi tombol dengan tanda amplop, segera jendela email terbuka .... claws mail. Tombol lain bertanda "browser" dipencet dan FireFox segera dibuka. Tapi 2 tombol lain bertanda huruf "e" dan "P" ketika dipencet, tidak menghasilkan apa-apa.

Tombol pageup dan pagedown juga berfungsi untuk scrolling, ketika membuka browser Key. Lain2 tombol belum ditest. belum di test sih, tapi sound terdengar, wifi beroperasi dengan baik, juga ethernet cable; semua bisa beroperasi TANPA HAMBATAN !!!

Artinya ubuntu dengan "just work" (TM) ada buktinya ....

salam

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.