13.8.08

Another Amazing OFFICE SUITE for Linux

IBM LOTUS SYMPHONY

Cukup lama tidak mengikuti kabar berita Ibm Lotus Symphony kini telah mencapai beta 4. Dan ternyata memperoleh penghargaan sebagai PRODUCT OF THE YEAR 2008. Menakjubkan, setelah "hanya bisa menikmati openOffice, para pengguna Linux banyak berharap pada software besutan IBM ini. Instalasi terbilang sangat mudah karena IBM Lotus Symphony menyediakan Installer. Sepengetahuan saya IBM belum (atau Tidak) menyediakan source code ibm lotus symphony untuk publik :=((. Installer dapat didonlot DISINI. Tidak dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mendonlot installer ibm lotus symphony, namun ukurannya yang sekitar 288 MB bisa membuat para pengguna dial-up modem bisa klenger. Barangkali ada baiknya FOSS-ID atau mirror dan situs open source lain di Indonesia bersedia menyimpan arsip installernya.

Symphony dan Compiz
Mengikuti petunjuk pada Installation guide donlot, save, buka terminal, login sebagai root (atau gunakan sudo) navigasikan ke arsip installer ber-ekstensi *.bin dan eksekusi dengan # sh *.bin tidak berjalan mulus pada mesin lenovo T61/ ubuntu 8.04 x86 dengan compiz aktif. Belum dilakukan peninjauan atau test lebih jauh, yang pasti installation wizard meluncur hanya display tidak sesuai harapan.



dicoba beberapa kali dan hasilnya sama saja :=((



Instalasi Tanpa X

Default Instalasi ibm lotus symphony adalah GUI (Ghrapical User Interface). Namun karena gagal memandang keindahan dan keseksian, akhirnya kembali tersuruk dalam dunia gelap Linux terminal, Non aktifkan X, di terminal eksekusi dengan $ sudo /etc/init.d/gdm stop. Log in sebagai root, dan navigasikan ke arsip installer disimpan. Sesuai Installation Guide, instalasi pada konsol harus menggunakan Flag -console sehingga eksekusinya menjadi # sh IBM_Lotus_Symphony_linux.bin -console konon Flag -silent juga berefek sama. Mengingat resource yang dibutuhkan Symphony cukup besar dan menggunakan Java yang cukup berat ada baiknya mesin dengan RAM Fisik 512 MB atau kurang, sebaiknya melakukan instalasi metode konsol ini. Konon pula, kabar burung menyatakan bagi pemilik RAM kurang dari 512 MB sebaiknya jangan install Symphony, karena akan cukup berat dalam menjalankannya. Tampaknya Symphony agak rakus dan kemaruk pada RAM.

Proses instalasi sangat mudah, tidak membutuhkan pemahaman khusus (tentu saja harus Faham perintah dalam bahasa Inggris), tampaknya belum ada yang membuat installer berbahasa Indonesia, Bugis, Sunda, Batak, Padang, Manado atau Jawa. Cukup tekan tombol ENTER beberapa kali dan akhirnya enter terakhr menyatakan finish. Bila tidak mengerti arti Finish, sebaiknya jangan menginstal aplikasi ini.

Tampilan
Mungkin karena belum pernah melihat (kecuali pada skrinsut di internet), tampilan pertama ibm Lotus Symphony cukup memakau, dominasi warna biru dan warna ubuntu (baca orange) sangat menonjol.



Biru elegan khas ibm dan orange khas ubuntu .... eh khas ibm terpampang dengan elegan, seksi dan menggoda. Anda tidak perlu repot mengunjungi situs porno yang biasanya menyimpan trojan untuk menyaksikan elegansi, keindahan dan keseksian. Cukuplah install ibm Lotus symphony.



Fitur
Konon fiturnya banyak dan beraneka ragam, tentu saja masih sekitar sebuah officeSuite. SpreadSheet-nya sekilas dalam percobaan cepat amat kompatibel dengan openOffice. Maksudnya untuk membuka file berekstensi *.ods tidak terjadi perubahan tata letak atau rendering yang amburadul, semua tampak rapi dan menakjubkan.



Hal terpenting sebagai officeSuite masa kini adalah kompatibilitas dengan product microsoft. Tanpa eksplorasi mendalam dan percobaan, secara umum kompatibilitas dengan product dan standar microsoft cukup baik.



Tolong jangan comment dan cuma nanya apakah bisa kompatibel dengan sang kontroversi OOXML karena jawabnya da pada ujung jari anda masing2 ....... silahkan berkenalan, mencoba dan putuskan akan menggunakan sebagai mesin produktifitas sehari-hari atau sekedar koleksi saja.

salam
sir BATS

6 comments:

  1. Pak Sabri, link donlodnya nggak falid, apa harus register dulu ?

    ReplyDelete
  2. Saya pernah download dan memang harus register.
    Dulu FOSS pernah memirror karena sesuatu hal ditutup mirror Symphony.
    MUngkin Om Belutz bisa berkomentar

    ReplyDelete
  3. Pak Sabri,
    Tentang compatibilitas dengan MS Product gimana, apa sudah mengexplore jauh.
    Klo sampai ini bisa one hundred prosen ato kurang dikit, bisa tak ganti semua nieh staff, yang bandhel2.
    Susah kalau staff udah, gak pedhe liat si Linux .. :D

    ReplyDelete
  4. Saya banyak belajar ttg LINUX.. Tapi sampe sekarang ga ngerti2 juga make LINUX.. Hehehehe,,

    ReplyDelete
  5. nico10:15

    koq gagal aja ya instalnya, make gui ga bisa, make cli jg error aja. huh:(

    ReplyDelete
  6. Hi Nico,

    ibm Lotus symphony membutuhkan jre (java runtime environment), kalo pakai ubuntu, gunakan synaptic install ubuntu-retricted-extras. Kalo pakai gentoo $ sudo emerge sun6jre :=))

    Coba saja di terminal tanpa GUI dengan flag -console atau flag -silent

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.