7.2.08

HardyHeron (amd64) - Alpha4 - KDE Light

UBUNTU HardyHeron 8.04 telah mencapai alpha-4. Mengingat mesin lenovo T61 berprosesor Intel(R) Core(TM)2 Duo CPU T7300 @ 2.00GHz, dengan segala keyakinan memilih linux versi amd64 (x86_64). Mesin ini telah beberapa kali ganti distro, mulai ms win-xp pro, GutsyGibbon x86, gentoo amd64, HardyHeron x86 alpha 3.

Sebagai orang yang sedang belajar Linux; saya mencoba beberapa distro linux, mulai dari RedHat, Suse, Mandrake (kini mandriva), PC LinuxOS, Slack, Gentoo dan Ubuntu. Akhirnya memilih ubuntu berdasarkan alasan personal. Gentoo adalah distro linux paling mengasyikkan, sangat baik untuk melewatkan wantu luang dan kita dipaksa mengenal lebih banyak tentang Linux, hanya saja sering menimbulkan kejengkelan sampai ke tingkat frustasi.

Kebetulan di kantor ada sambungan internet yang lumayan cepat, dengan modal cd alternate xubuntu 7.10, saya install lenovo T61 dengan opsi install command line, reboot dan login. Mengganti repository ke ubuntu Hardy dengan cara mengganti semua kata gutsy dengan hardy. Hanya dengan satu perintah di terminal $ sudo aptitude safe-upgrade system berubah dari gutsy ke hardy; tidak ada masalah sama sekali karena yang di-install hanya base system. kernel baru 2.6.24-rc5-generic ditambah linux-restricted-modules dan linux-backports-modules (Penamaan ini khas untu distro ubuntu seluruh hard ware lenovo T61 terdeteksi dengan baik.

KDE Light
Meski resource cukup, saya memilih melakukan instalasi KDE versi Ringan :=)) . caranya amat mudah dengan bantuan koneksi internet. Pertama diinstal X-server, ubuntu terkenal sangat ROYAL dengan dependensi, sehingga kadang memberikan dependensi atau paket yang tidak kita butuhkan :=). Misal bila di terminal kita masukkan perintah $ sudo aptitude install kdm maka ubuntu akan menginstall seluruh driver kartu grafis yang mereka miliki, tentu saja kita sesungguhnya hanya membutuhkan 1 (satu) driver saja. Saya menggunakan perintah $ sudo aptitude install nvidia-glx-new pada terminal dan ubuntu menginstall seluruh komponen X yang dibutuhkan dengan hanya SATU driver kartu grafis. Kemudian install kdm dengan perintah $ sudo aptitude install kdm (kde display manager), setelah itu install kde-core dengan perintah $ sudo aptitude install kde-core dengan demikian kita hanya mendapatkan seperangkat Desktop Manager dengan fitur sangat minimal konqueror file/web browser, konsole, kdesktop-environment dan kcontrol. Aplikasi lain bisa diinstal kemudian satu per satu, sehingga kita hanya menginstall aplikasi yang kita butuhkan.

Hasilnya akan berbeda bisa menggunakan perintah $ sudo aptitude install kubuntu-desktop; karena perintah ini akan menginstal seluruh set KUBUNTU, termasuk game, kmail, komposer, k3b, kde-multimedia (dan banyak lagi) yang tidak saya butuhkan.

Dengan instalasi satu per satu, aplikasi yang terinstall adalah :
kdesktop environment
(kate, kjobviewer, kregexpeditor, ktip, kinfo-center, konsole, ksysguard, synaptic)
claws-mail & mozilla-thunderbird
xara xtreme, gimp & kuickshow
minirok & kaffeine
kamera, ksnapshot
konqueror, mozilla-firefox, pidgin
k3b, kompozer
Openoffice.org-2.3
(sebenarnya saya hanya membutuhkan aplikasi word-prosesor, spreed-sheet, pembuat-presentasi)
kate, mousepad
(Pilihan pada mousepad sebenarnya merugikan karena akan menginstal beberapa dependensi milik xfce-desktop, tapi saya menyukai kesederhanaan mousepad)

4 GB RAM & Linux Kernel

Meski telah memilih ubuntu HardyHeron versi amd64, 4 GB RAM yang terpasang tidak seluruhnya terdeteksi oleh ubuntu, saya coba otak-atik bios tapi tidak membuahkan hasil memuaskan :

sts@ubuntu:~$ cat /proc/meminfo

MemTotal: 3985504 kB

MemFree: 2553452 kB

Buffers: 81648 kB

Cached: 995036 kB

SwapCached: 0 kB

Active: 528504 kB

Inactive: 782144 kB

SwapTotal: 0 kB

SwapFree: 0 kB

Dirty: 84 kB

Writeback: 0 kB

AnonPages: 233924 kB

Mapped: 84136 kB

Slab: 67572 kB

SReclaimable: 49212 kB

SUnreclaim: 18360 kB

PageTables: 8972 kB

NFS_Unstable: 0 kB

Bounce: 0 kB

CommitLimit: 1992752 kB

Committed_AS: 469600 kB

VmallocTotal: 34359738367 kB

VmallocUsed: 60292 kB

VmallocChunk: 34359677435 kB


kasus yang sama juga terjadi pada gentoo amd64, namun dari beberapa artikel hasil googling, beberapa user menginformasikan mampu mendeteksi seluruh 4GB RAM, dugaan sementara ini masalah hard-ware, namun anehnya BIOS mendeteksi dengan benar ukuran RAM yang terpasang 4096 MB.

Tanya ken Apa ....

ScreenShot

Kubuntu (Full Desktop) x86



KDE -Light x86_64/amd64



go to next post ...

4 comments:

  1. Anonymous12:05

    Setuju tentang gentoo ! tapi tetep aja gentoo bikin penasaran ...

    Untuk masalah memory, pengalamannya sama ngga ya sama Si Dia [1] nih ?

    [1] http://www.faulhammer.org/index.php?option=com_content&task=view&id=233&Itemid=99999999

    ReplyDelete
  2. Anonymous18:13

    Ini artikel yang saya tunggu2 bos. Pingin sekali tahu bagaimana caranya install base-system itu.
    Apa kalau kita install dengan opsi command line akan ada pilihan untuk install base-system saja ?

    ReplyDelete
  3. Anonymous18:29

    Ternyata sudah ketemu jawabannya di sini:
    https://help.ubuntu.com/community/Installation/
    LowMemorySystems

    Salam,

    ReplyDelete
  4. Maap ndak mau komen tentang posting ini, sekedar infom sudah main ke http://wulanguritnowulanguritno.blogspot.com/ pak? itu mbak wulan beneran (menurut blognya mbak dian)
    :D

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.