17.9.07

XFCE-Distro

XFCE akhirnya cintaku tertambat pada XUBUNTU FeistyFawn; XFCE distro paling mumpuni sampai saat ini. Di Partisi lain PC-Desktopku diinstal ZENWALK dan terkahir mengunduh Xubuntu Tribe-5 bakar dan install.

Artinya saat ini ada Tiga XFCE Distro dalam satu kompie; XFCE terbukti berkembang cepat dan handal dibanding pendahulunya Gnome dan KDE. Kondisi paling menarik dari XFCE adalah keringanannya, konon karena XFCE secara default hanya menyertakan Plug-In yang dibutuhkan. Zenwalk harus diakui meramu XFCE dengan Indah, sedikit mengadaptasi tampilan MAC OS berpadu dengan kecepatan slackware.

XFCE terbukti mampu mengakomodir mesin komputer sekelas Pentium II dengan RAM 128 MB, dan berjalan cukup nyaman. Dalam hal xubuntu GutsyGibbon pada edisi ini, compiz-fusion bukan opsi default, sehingga lebih mirip FeistyFawn dengan beberapa pembaharuan yang Tidak Kentara. Disarankan bila mesin produktif sudah berjalan lancar di Feisty Fawn tidaklah perlu meng-upgrade ke GutsyGibbon. Hanya saja GutsyGibbon menawarkan opsi khusus sebagai rilis LTS (Long Term Support sebagai suksesor DapperDrake.

Hanya saja pada Tribe 5 GutsyGibbon masih belum solid, semoga pada Rilis nanti sudah setangguh FeistyFawn dengan peningkatan aplikasi terbaru.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.