30.9.07

T61 - Lenovo - The Machine

T61 Lenovo, dikenal sebagai IBM ThinkPad. Buatku, ini kali pertama memiliki Laptop bermerk IBM, secara pribadi aku hanya menggunakan 2 Laptop Sejak tahun 1995 Yakni Toshiba Tecra 8000 dan VAIO PCG V505-DC2. Tentu saja, aku bukanlah manusia yang bekerja maupun bersuka ria dengan komputer. Komputer dibutuhkan dalam mendukung pekerjaan, tapi tanpa menjinjing laptop kemana-mana, aku masih bisa bekerja dengan baik. Itulah sebabnya 2 tahun terakhir ini, opsi memiliki laptop bukan prioritas.

Sebelum memutuskan memesan T61 ini, seperti biasa googling dan tanya-tanya, intinya ini termasuk High End Laptop hehehehehe. Pas ingat aku suka tertawa sendiri, apa bener aku butuh high end laptop. Jawabnya Tidak; Lebih konyol lagi, RAM Bawaan 1-GB kuminta di-upgrade jadi 2-GB. Sungguh konyol, tapi sudah terjadi, Ha ha ha ha ha .



Nah ada cerita Lucu Temenku bilang, T61 dah tidak ada tulisan IBM Berwarna Merah Hijau Biru Lagi, tapi tulisannya diganti jadi Lenovo ThinkPad. Anehnya aku ndak kros-cek ke internet. Malah nanya ke temen tadi "Apa salahnya tanpa tulisan IBM?" jawab dia Gak apa, cuma gak asyik aja. Teman tersebut ternyata salah, T61 tidak ada beda dengan ThinkPad pendahulunya, hampir tidak ada yang berubah, termasuk tulisan IBM ThinkPad yang katanya asyik itu.



T61 Tiba dengan win xp professional pre-installed dan Microsoft Office suite 2007 Trial Edition. Belum bisa dipergunakan buat kerja setelah 30 hari sejak aktifasi, entah apa yang akan terjadi dengan office suite tersebut.

Dicoba dengan blankon2 jahitan 1, masih belum jalan. Donlot dan bakar GutsyGibbon Beta Instalasi jalan dan berhenti total saat proses mencapai 85%; dicoba Linux Mint 3.1 tidak bisa up, padahal Mint ini terkenal tangguh. Karena sejak awal membeli laptop ini akan di-install ubuntu, akhirnya kembali ke FeistyFawn alternate. Kartu Grafis nVidia Quadro NVS 140M tidak bisa diharap langsung ON dengan distro apapun saat ini. Pilihannya diinstal Text Mode Only dengan harapan bisa upgrade ke Gutsy kemudian. Jadilah laptop ini Laptop DUGEL alias (Dunia Gelap Gulita).



Konon ThinkPad memiliki kelemahan secara fisik pada casingnya yang lemah dan engsel layar. Tapi karena sudah jarang ke lapangan, kupikir masih bisa diterima kondisi kurang tangguh tersebut.



Begitulah kondisi T61 saat ini, sambil terus dipikirkan, desktop manager apa paling cocok, dengan RAM 2 GB tidak terlalu memusingkan untuk memilih.

6 comments:

  1. kalau ngga butuh yang highend, buat saya aja om :D

    ReplyDelete
  2. Klo mau ngoprek Thinkpad jangan lupa mampir ke http://www.thinkwiki.org.

    ReplyDelete
  3. Hahahahahaha....
    Klo daku Lenovo Y400 Pak... Lancar dan cesspleng... thenana....
    KLo ram 2 GBnya terasa berat, saya siap nampung pak.... :))
    xixixixixixi.....

    ReplyDelete
  4. yo wes daripada repot kirim ae ning wonosobo.
    kan cedak wonosobo-pekalongan via batur :D

    ReplyDelete
  5. T61 emang ada yg masih pakai logo IBM dan ada juga yang sudah engga mas. Kalau yg ga ada fingerprint reader-nya biasanya masih ada logo IBM-nya.

    Oh iya, yg sudah ga ada logo IBM-nya biasanya default datang dengan Vista

    ReplyDelete
  6. Ini saya lagi pakai T61 (punya bos) saya install linux mint 4.0 bisa semua... untuk wireless kita harus download driver untuk windows di intel.com dan kemudian start <-> administration <-> windows wireless driver <-> install NETw4x32.INF. Untuk 3d desktop bisa dilihat disini. Tapi secara overall semua bisa berjalan dengan lancar...

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.