29.8.07

Gutsy Tribe-5 : Kemana Menuju

GutsyGibbon Tribe-5 menyuguhkan fenomena yang sudah diduga, compiz-fusion hasil merger antara beryl dam compiz menjadi default desktop manager. Eye-Candy yang akhir-akhir ini banyak digandrungi pengguna linux.

Sejujurnya, secara pribadi saya tidak setuju menjadikan aplikasi eksperimental dan membutuhkan sumber daya perangkat keras tingkat tinggi menjadi opsi default. Apalagi untuk negeri seperti Indonesia, dimana (meski belum ada survey) populasi terbesar mesin komputer di Indonesia masih sekelas Pentium III, RAM 256. Berat sekali mengangkat desktop sekelas compiz-fusion, belum lagi tuntutan jenis kartu grafis dengan spesifikasi tinggi.

VIA Vendor chipset kartu grafis yang luas digunakan karena harganya murah, masih kurang bersahabat dengan 3-D Desktop. Saya lebih menyukai ubuntu semakin kuat di mesin produksi untuk keperluan produktif dan bukan semakin Indah.

GutsyGibbon dengan compiz-fusion bisa menjadi boomerang bagi ubuntu, karena pengguna awam akan kecewa apabila instalasinya menjadi kacau, karena kartu grafisnya gagal mengakomodir sang compiz.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.