25.8.07

Akad ...

Akad alias perjanjian, menjadi salah satu hal penting bagi sebagian besar warga Indonesia, soale suka dikaitkan dengan akad nikah. Ide akad itu penting tampaknya merasuki ketua Komunitas Ubuntu Indonesia yang berencana menjadikan ubuntero sebagai salah satu syarat mutlak menjadi anggota KUbI.

Faktanya tidak semua pengguna ubuntu mampu melakukan akad dengan ubuntu, agar disebut ubuntero musti meneken UbuntuCodeofConduct. Ini sekedar arahan ringan, bagaimana membuat tekenan digital buat meneken surat-surat elektronik, aplikasi buatan sendiri, atau dokumen penting lain. Cara paling mudah gunakan thunderbird mail client.

Buka komputer


Saya selalu senang membuka komputer kerna akan melihat senyum menawan

Aktifkan thunderbird mail client, lihat apakah di tool-bar sudah ada item OpenPGP, kalau belum berarti anda butuh plug-in atau add-on untuk urusan teken-meneken surat. Di thunderbird, pilih Tool, trus klik add-on.



Pilih get extension, maka anda akan dibawa ke thunder bird add-on. Pilih Recommended add-on, dan donlot enigmail; simpan di salah satu folder dalam komputer.



Selesai menyimpan file enigmail di folder, kembali ke thunderbird, pilih Tool> add-on, jendela add-on terbuka, klik install dan navigasikan ke tempat enigmail add-on tadi disimpen. klik ok. Thunderbird anda akan restart dan ketika kembali terbuka akan muncul Item OpenGPG, biasanya anda juga akan ditawari membuat gpg-key. Ikutin saja pentunjuknya, gampang kok, tinggal tunjuk dan klik.

Kini anda sudah punya gpg-key alias tekenan digital, dan pastikan gpg-key anda dikirim ke server publik penyimpan tekenan digital, banyak sekali server seperti ini, tapi saran saya simpan saja ke server ubuntu, sahabat karib kita semua. Caranya, di thunderbird, pilih OpenGPG>key management pada jendela key-management klik kanan tekenan digital anda dan pilih Upload public keys to keyserver dan tuliskan keyserver.ubuntu.com. sbb :



Nah bila ingin berakad dengan ubuntu, maka ndaftar saja ke Launchpad. Setelah Log-in (artinya proses pendaftaran sudah selesai). Klik item nama anda di sebelah kanan halaman, maka akan muncul detil akun, klik Update OpenPGP key .



Maka akan terbuka halaman



Anda musti memasukkan fingerprint alias sidik jari tekenan anda, sidik jari digital terdiri dari deretan angka dan huruf random. Untuk mendapatkan sidik jari tekenan anda, buka thunderbird, pilih OpenPGP>key management. Pada jendela key management, klik kanan pada tekenan pilih properties; maka akan muncul jendela key-properties.



Copy deretan angka dan huruf di kolom finger-print dan pastekan ke halaman situs launchpad, pada kolom fingerprint :


klik import key

Sekarang tekenan anda sudah disimpan di Launchpad, dan tak lama kemudian seharusnya anda akan menerima email dari Launchpan Team untuk memastikan bahwa alamat email yg anda masukkan valid.



Bila anda tidak bisa membaca email dari launchpad team, berarti ada yang salah. Bila anda bila membacanya, maka ikuti seluruh pentunjuknya, sangat mudah dipahami dan dilaksanakan (selama anda memiliki koneksi internet). Setelah tekenan anda diverifikasi, kembali ke Launchpad, klik Codes of Conduct, donlot arsipnya dan tekenlah perjanjian tersebut.

Tekennya di terminal aja, navigasikan ke berkas UbuntuCodeofConduct.1.0.1.txt disimpan boleh saja disimpan dengan nama lain agar lebih ngirit ngetik.

$ gpg --clearsign namaFile.txt
Langkah ini akan menghasilkan sebuah berkas ber-ekstensi *.asc

$ gedit namaFile.asc

Copy seluruh isi berkas yang terbuka di teks editor dan pastekan di halaman situs launchpad tempat harus meneken. Akad anda dengan ubuntu kelar dah. Gue aja tadinya ndak kepikiran neken begituan, tapi setelah Pak Ketua KUbI menjadikannya sebagai salah satu syarat keanggotaan, terpaksa neken juga.



ini bukan Promosi Thunderbird kerna gue sebenarnya lebih suka Claws-Mail. Tapi buat milisan enakan thunderbird; apalagi musti bottom posting di milis ubuntu.

2 comments:

  1. hiks

    sylpheed claws gak bisa baca opengpg mail. terhenti di proses konfirmasi opengpg key.

    ReplyDelete
  2. koreksi typo pada "--cleansign" yang benar adalah "--clearsign"

    $ gpg --clearsign namaFile.txt

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.