21.4.07

Gentoo

Sedikit komentar tentang Gentoo (baca : dzentu) sebuah distro linux yang bukan derivatif debian atau Red-Hat. Gentoo memiliki filosofi tersendiri dan sering disebut "Linux From Scratch". Gentoo memang bukan untuk yang bener-bener newbie, meskipun untuk melakukan instalasi gentoo tidak dibutuhkan ketrampilan teknis khusus; minimal mengenal secara lebih detil perangkat keras mesin yang akan diinstal.

Bagi yang tertarik mencoba gentoo, gunakan live cd installer dimana menyuguhkan Gtk+ installer yang full GUI. Meskipun secara pribadi saya tidak menyukai Mode Gui namun mode instalasi GUI senantiasa ditunngu mayoritas pengguna (user). Ada masalah membingungkan ketika proses instalasi, meski sebelumnya sudah membaca dengan cermat Gentoo Handbook tapi pada proses instalasi saya tidak menemukan opsi RESIZE untuk partisi. Saya harus melakukan resize terhadap satu partisi yang sudah dihuni FesityFawn. Akhirnya mengakali dengan metode bodoh seperti tertulis disini.

Tidak ada perbedaan aroma menyolok antara FeistyFawn dan Gentoo dalam mesin saya karena sama-sama menggunakan desktop Gnome ... hehehe. Ada perbedaan kecepatan dan "rasa' karena Gentoo mengakomodir kustomisasi secara luas, tapi selebihnya sama saja. Keduanya tidak bisa diperbandingkan secara "manggo" to "manggo". Tapi Gentoo memang bukan untuk semua orang, apalagi bagi yang pertama kali menggunakan Linux. Entah sekiah tahun yang akan datang, atau apabila pengembangnya melakukan pengembangan signifikan atas distro ini.

salam
sir Bats

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.