18.4.07

FeistyFawn Ubuntun 7.04 - Beta

Akhirnya saya tergelitik untuk mencoba FeistyFawn, code name untuk ubuntu 7.04 yang masih versi beta. Dahulu kala, saya paling takut apabila sebuah aplikasi masih dilebeli beta (betha) apalagi alpha; karena artinya aplikasi tersebut belum stabil. Tapi Kini saya berpikir lain, beta artinya "paling baru" dan penuh perbaikan serta variasi. Tentu saja tergantung siapa penyedia aplikasi ntersebut; maklum banyak aplikasi versi alpha kemudian beta dan STOP !!! tidak di maintain lagi.

Setelah melakukan donlot dari Ubuntu Australia Malakukan burning dengan k3b; mulailah mencoba FeistyFawn.

Wow, ubuntu menyajikan segala apa yang kita butuhkan untuk sebuah desktop system. Yang paling menyenangkan, wireless adaptor Linksys WMP54G dideteksi dengan baik dan berfungsi tanpa tweaking sama sekali. Ketika menggunakan EdgyEft, saya masih harus melakukan tweaking manual untuk membuat wireless adaptor ini bekerja dengan baik. Tapi, dengan FwistyFawn, semuanya "JUST WORK". Secara detail bisa dibaca di opotumon.

Bagi pengguna "corporate"; bisa dimengerti bila belum pindah ke linux, karena bisanya mereka punya data base yang dibangun dengan platform DOS dan M$ Windows. untuk memindah data base berskala besar, dibutuhkan "admin" yang rela bekerja keras. Tapi untuk pengguna individual apalagi pengguna rumahan yang biasanya tidak terlalu rumit; tidak ada alasan untuk tidak pidah ke linux.

Tapi saya sepenuhnya memahami, ini soal pilihan. Lagian belum banyak OEM atau perakit jalanan yang menyediakan PC lengkap dengan Linuxnya, meski sudah mulai banyak dan jumlahnya terus meningkat.

1 comment:

  1. Betul Mas WMP54G linksys langsung dikenal di Feisty Fawn. Aku sendiri langsung tertarik utk install di beberapa PC client di kantor supaya mereka belajar ubuntu yang beberapa diantaranya pake koneksi LAN WUSB54G linksys. Hanya saja aku masih belum ngerti untuk yang TEW-421PC milik TrendNet gak berfungsi sama sekali. Sampe sekarang belum ketemu caranya.
    Salut Mas.... Ciao

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.