9.2.10

Lucid Lynx 10.04 (alpha-2); iSight MacBook 2.1

.... Lelah menangani pekerjaan sehari-hari, mengutak-atik MacBook 2.1 warisan menjadi kesenangan tersendiri. Salah satu Fitur andalam Macintel 2.1 adalah iSight, built-in webcam yang tampak bak sebuah noktah kecil pada layar MacBook 2.1. Secara default kernel 2.6.32-12 linux ubuntu patched tidak memindai kamera tersebut, meskipun kernel tambun ini sudah menanam sekian banyak driver webcam dibawah naungan v4l. Masalah utama-nya ada pada firmware webcam, sangat mudah menemukan cara mengaktifkan iSight, selama bersedia melakukan googling.

Menggunakan aplikasi video booth cheese dengan mudah mengetahui apakah kamera terdeteksi atau tidak, intalasi default menyuguhkan :



Menurut banyak forum, cara termudah mengaktifkan iSight adalah dengan melakukan mounting Partisi MacOSX dan meminjam driver MacOSX, tampaknya inilah hal paling banyak dilakukan user, mereka tidak menanggalkan OSX pada mesin ketika ingin mencoba Linux, atau barangkali bagi banyak orang Linux adalah system operasi pinggiran yang belum layak diberikan tempat utama, lebih-lebih pada mesin seperti MacBook yang senantiasa dijual secara paripurna, dimana OSX hanyalah Bonus atas Pembelian mesin MacBook. Mac produksi Apple, bukan sekedar sebuah Mesin, Apple sukses bertahun-tahun dengan inovasi dan pengelolaan citra sangat baik, desain elegan, mutu tinggi dan citra mewah sudah menjadi semacam adagium fenomenal. Mesin buatan Apple telah sekian lama menjadi alat bantu berharga bagi banyak pekerja multi-media, film, suara dan gambar, meskipun istilah iBook sempat diperkenalkan, namun nama MacBook tetap lebih menarik. Huruf i didepan nama produk Apple, kini menjadi penanda. iPod, iPhone, iPad

Kembali ke iSight, ketika MacBook ditenagai hanya dengan OS kelas Pinggiran sebagaimana ubuntu GNU/Linux, dibutuhkan trik tersendiri untuk mengaktifkan-nya. Bermodal browsing dan copy paste. iSight beroperasi mulus.



Bahkan pada skype for Linux, iSight beroperasi sebagaimana mestinya :



Issue, MacBook menjadi lebih panas dengan ditenagai ubuntu tidaklah selalu benar, MacBook 2.1 cenderung panas pada bagian prosessor, baik di-install OSX bawaan, maupun ubuntu. Kadar panas sulit diukur, namun temperatur prosessor berkisar 57 derajat celsius dengan tingkat paling panas 128 derajat celsius. Tak tahulah apakah ini wajar (?)

Jawabnya ada di relung hati ....

1 comment:

  1. makane dicoba sikk coro seko nggon ku, http://milisdad.blogspot.com/2009/07/macbook-bisa-dingin-lewat-blankon-50.html

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.