16.10.08

Zenwalk 5.2 Sekilas Saja

Implementasi XFCE
Zenwalk, salah satu linux distro yang memanfaatkan XFCE sebagai Default Desktop Environment. Sejauh ini bisa dianggap sebagai Implementor XFCE terbaik, dibanding XUBUNTU misalnya. Tentu saja penilaian ini sangat subyektif. Dan pada beberapa aspek, justru menjadi kekurangan atau kelemahan. Penilaian Zenwalk sebagai implementor XFCE terbaik lebih dititik beratkan pada pemanfaatan seluruh fitur XFCE secara "murni" sehingga dalam integrasi dan konsistensi memiliki nilai tinggi.

Pengembang ZENWALK mendesain distro ini untuk mesin berspesifikasi rendah ukuran masa sekarang, kelas P-III, 128 MB RA, 2 GB space hdd. Tidak mengherankan apabila pihak developer memilih secermat mungkin untuk hanya menyertakan fitur-fitur ringan sebagai opsi default, misalnya memilih abiword dan gnumeric sebagai default word proceccor dan spreadsheet dan tidak menyertakan OPENOFFICE.org suite yang terkenal "berat".

GDM sebagai display manager sangat indah dan ringan, fiturnya juga lengkap dengan desain menawan.

Instalasi
Metode instalasi Zenwalk dengan antar buka berbasis TEXT (Zenwalk juga merilis versi LiveCD), bukan hal mudah bagi pengguna awam. Dalam hal antar muka instalasi Debian Installer masih lebih intuitif. Pengguna awam yang tidak memahami partisi akan mengalami kebingungan.

Metode penambahan user baru pada zenwalk masih mengacu pada Linux Ortodoks, dilaksanakan setelah selesai instalasi, termasuk deteksi hardware, peripheral, opsi service dll. Sehingga terjadi "dua" kali proses instalasi. Artinya, tidak sebagaimana debian installer yang begitu selesai instalasi maka langsung siap digunakan. Kembali penilaian ini bersifat subyektif dan tergantung pada sudut pandang.

Speed dan Stabilitas
Zenwalk membawa serta kecepatan dan stabilitas sang ibu slackware. Agaknya ini yang membuat zenwalk cukup populer karena dukungan pengguna slackware yang cukup luas. Slackware dikenal sebagai salah satu distro tangguh dan konsisten, tapi bukan untuk pengguna baru Linux. Sebagaimana LinuxMint, BlankOn, OpenSUSE, Mandriva, Simply Mephis.

Fitur
Fitur dasar yang banyak dibutuhkan pengguna, seperti flash player browser plugins, langsung diinstall secara default. (Dugaan), bahwa pengembang Zenwalk tidak menyertakan openOffice.org office suite secara default, disebabkan beratnya aplikasi yang satu ini. Namun pada masa sekarang, pongguna Linux hampir tidak punya pilihan dalam pemanfaatan OFFICE SUITE, karena IBM_LOTUS yang masih dalah "Hard Development" membutuhkan resource besar untuk beroperasi dengan baik.

Kekurangan Zenwalk
Sesungguhnya hal ini tidak bisa disebut "kekurangan", mungkin lebih tepat dinamakan "pilihan pengembang" ... ketika pengembang memiliki menggunakan wicd secara default sebagai aplikasi pengelola kartu/adaptor jaringan, dan bukan NetworkManager yang lebih adekwat, tentu mereka memiliki alasan tersendiri. IMHO Pilihan terhadap WICD meningkatkan tingkat integrasi desktop-environment dengan pengorbanan kesulitan pada user awam untuk mengadminsitrate koneksi internet, terutama apabila akan mengkoneksi router dengan manajemen enskripsi wpa

Best Choice
Tanpa pretensi apapun, secara pribadi saya menyarankan memilih ZENCAFE hasil pengembangan anak negeri Indonesia, apabila pengguna awam tertarik untuk memilih Zenwalk (dh: MiniSlack) sebagai distro mesin produktif. Zencafe menyuguhkan fitur lebih lengkap dan lebih user-friendly (ramah pengguna).

... salam

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Post a Comment