28.2.08

4 GB RAM - Ubuntu x86

4 GB RAM Tidak dibutuhkan semua orang, apalagi saya cuma akses email, edit gambar, surfing internet, mendengarkan musik, menonton film, edit/ baca office-documents. Kebetulan ada teman yang memberikan 2 keping RAM berukuran masing-masing 2 GB akhirnya dipergunakan. Anak saya memungut 2 x 1 GB RAM yang digantikan. Ini menjadi alasan tambahan untuk memilih environment amd64 (x86_64), selain type prosesor yang EMT64.

Saya duga, kemampuan dan pengetahuan yang tidak cukup, hingga lebih 11 kali melakukan kompilasi kernel, kernel tetap tidak mampu mendeteksi full 4 GB RAM .... entah mengapa sebabnya.

kernel-2.6.24-rc2-01
MemTotal: 3976828 kB

kernel-2.6.24-rc2-02
MemTotal: 3976772 kB

kernel-2.6.24-rc2-03
MemTotal: 3976828 kB

kernel-2.6.24-rc2-04
MemTotal: 3996264 kB

kernel-2.6.25-rc1
MemTotal: 3985540 kB

kernel-2.6.24-5-generic
MemTotal: 3985504 kB

Libur panjang segera datang, pelabuhan mengalami force majeure, seluruh karyawan di-istirahatkan di rumah, menunggu perbaikan pelabuhan (minimal 40 hari deh).

Iseng muncul, mengubah environment kembali ke x86, install KDE4 saja yang kurang saya senangi, terutama panelnya KDE 4.0.1 belum bisa di-resize secara mudah ..... ntar dicoba meresize plasma-panel tersebut. Lebar default plasma panel di resolusi 1440x900 px adalah 56 px atau 6,2 % tinggi layar dipergunakan untuk panel. Padahal saya menyukai panel stinggi 22 px maksimal.



Panel yang menjengkelkan itu ...... :=))

kernel

Download kernel ubuntu dan diberi versi 2.6.24..2 seingat saya opsi High Memory Support sudah dihilangkan di kernel ubuntu; tapi ketika melakukan instalasi menemukan ini :



Langsung diaktifkan, selesaikan kompilasi, install, modifikasi grub, reboot .... cek :

MemTotal: 4080980 kB

MemFree: 3792240 kB

Buffers: 6560 kB

Cached: 116236 kB

Aneh khan ..... pasti ada penjelasan rasional, tapi penjelasan paling memuaskan saat ini, kemampuan saya kurang .

Ada gangguan lagi ... saya punya simpanan driver kartu grafis nvidia versi : Linux-x86-100.14.23 Tidak pernah berhasil diinstall di kernel 2.6.24.2 ... tadinya dipikir, ada kesalahan opsi kompilasi kernel. Tiga kali diulang hasil dan error-nya sama ..... gugling dan menemukan di nvidia-forum, bahwa kernel 2.6.24 harus menggunakan versi terbaru.. donlot nvidia-installer Linux-x86-169.12 dan Jrenk langsung mak nyusss...

KDE 4.0.1

Terganggu oleh ukuran panel dan belum tahu bagaimana cara melakukan resize; keringanan dan responsifitas kde-4 menjadi obat penawar.



Fiturnya biasa saja, penampilannya serba "jumbo" ... bertentangan dengan selera minimalis pribadi saya. Kebutuhan "kernel" untuk saya tidak-lah mewah, karena cuma butuh kernel yang mendeteksi semua Hard-ware, terutama kartu grafis nVidia Corporation Quadro NVS 140M ethernet Intel Corporation 82566MM Gigabit Network Connection dan wifi-adapto Intel Corporation PRO/Wireless 4965 AG or AGN serta auto mount usb-stick



KDE-4 memunculkan "pop-up" di pojok kanan bila ada "usb stick atau kamera foto" dihubungkan ke PC. Untuk kemudian bisa langsung di browse dengan Dolphin



Tidak tahu apakah ini bug atau memang fiturnya demikian, tak tahu juga apa namanya, bila fitur untuk add widget di klik zoom out maka wall-paper akan mengecil. lucu dan aneh



Secara default, KDE4 mengganti Amarok dengan Juk music player yang sangat ringan, theme oxygen sangat beraroma OS X



Tapi secara umum, saya suka detil desain baru Kmix



Saya akan emncoba menggunakannya untuk bekerja sehari-hari, meskipun saat ini agak sulit bagi saya untuk menyukai KDE-4 secara keseluruhan.

:=)) selamat liburan.....

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.