28.10.07

T61 - GutsyGibbon - Final Touch

GutsyGibbon beta on T-61 Akhirnya diganti dengan GutsyGibbon Released Versi stabil :=)). Sesungguhnya bisa saja langsung di-update tapi ingin merasakan atmosfir instalasi stabil sebagai sebuah FUN, setelah kelelahan mengikuti seremoni tahunan Mudik di hari lebaran.

Problem (bug) pada DisplayConfigGtk tidak muncul di versi release, tapi layar tetap black blank ketika selesai instalasi dan reboot. Masih harus log-in lagi di shell, dunia gelap gulita ala linux :=)). Konfigurasi X-server dengan # dpkg-reconfiugre xserver-xorg dan pilih vesa sebagai drivernya untuk menampilkan X dengan kondisi apapun.
catatan : model ini sudah di-akomodir Microsoft Windows, sejak win-95. Ide brillian untuk langkah pemasaran, artinya secara psikologis user akan merasa aman dan nyaman, mesinnya "hidup" dengan GUI. Untuk kemudian melakukan konfigurasi dengan Tunjuk dan Klik.

X terpampang dengan resolusi 1024x768 px cukup manis, tapi jelas tidak sesuai brosur yang mensyaratkan resolusi 1440x900 px sebuah (resolusi yang tidak diakomodir oleh vesa). klik system>administration>Network. Pilih wireless network dan wireless adaptor Intel Pro Wireless 4965 beroperasi dengan mulus. Konek ke router, dan Network-Manager menunaikan tugas dengan aman. Mengganti repository ke dl2.foss-id.web.id dan klik system>administration>restricted driver manager. klik Nvidia driver, maka gutsy akan men-donlot driver yang dibutuhkan. reboot setelah selesai dan Logo Nvidia muncul mendahului log-in screen. Layar terkembang dengan resolusi sesuai brosur 1440x900 px Jernih dan Indah. desktop effect beroperasi dengan mulus. Kebetulan secara pribadi kurang menyukai fitur ini, jadi diNon-aktifkan saja.

Pamer pada teman, kadang musti dilakukan, dengan senyum simpul T61 di-install ubuntu, xubuntu dan kubuntu : DESKTOP ini konyol dan jangan ditiru, setiap user cukup membutuhkan satu desktop saja. Tapi bagi saya (yang kadang harus pamer) terasa perlu. Guna memberikan gambaran visual, begini lho xubuntu, ini dia ubuntu dan beginilah kubuntu :=)). Install seluruh multi media codecs. Maka diharapkan, GutsyGibbon yang LTS. Akan bertahan lama.

Yaaa Nggaaakkkk?

2 comments:

  1. Anonymous13:16

    Halo Pak Sabri..

    Sepertinya Gutsy belum LTS Pak..
    kayaknya baru Hardon nanti yang LTS..

    kecuali kalo LTS itu berarti LuTan Suritno kayaknya lain lagi yah... :D

    ReplyDelete
  2. Anonymous11:42

    pak , perintahnya salah, bukan dpkg-reconfiugre xserver-org tapi dpkg-reconfigure xserver-org,

    salam

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.