26.2.07

SPLASH - KEMBALIKAN SPLASHKU

Hehehehe .... ada "bug" (barangkali) ketika melakukan upgrade distribusi ubuntu dari horay ke breezy, breezy ke dapper, dapper ke edgy :=)) yg pernah kulakukan dari breezy ke dapper dan dari dappper ke edgy. Dua-duanya kehilangan "splash" :=) apa itu splash? dalam komunitas linux, splash adalah "gambar" yang muncul ketika komputer booting. pengguna ms win tidak punya banyak pilihan soal ini, kecuali cuma 2. Pengguna linux juga memiliki dua pilihan; menggunakan splash (image) saat menghidupkan dan mematikan komputer atau membiarkan muncul berbagai proses pc dengan tulisan putih dan latar belakang hitam. Sesungguhnya saya menyukai model ini (tanpa image).

Tokh cukup penasaran ketika splashku hilang setelah $ dist-upgrade dari dapper ke edgy. saya tidak menyadari ada masalah lain ketika ingin memunculkan splash kembali, karena sejak dapper splashku dimatikan :=) masalahnya pernah menginstall linux-image-2.4.17-2-686 menggunakan synaptic dan ketika melakukan reinstall splash, linux image ini terlalu tua untuk system baru. akhirnya un-install melalui synaptic juga. Celakanya meski dah di-uninstal linux-image ini masih meninggalkan jejak.

setelah dicari apa sebabnya tidak ketahuan juga ; insting akhirnya digunakan; mulai-lah "mencurigai" beberapa file setelah mencoba menemukan dengan perintah :$locate initrd di /inird.img yang di "highlighted" langsung saja : $sudo rm /initrd.img dan jreng ilang.

dari hasil surfing; inilah langkah yg bisa dilakukan untuk mengembalikan splash yang hilang karena melakukan distrubution upgradew dengan : $ sudo aptitude dist-upgrade.

Pertama :
REINSTALL saja kembali splash-nya untuk memastikan splash ada :
$ sudo aptitude reinstall usplash.
kemudian
$ sudo aptitude install usplash-theme-ubuntu
setelah selesai lakukan perintah :
$ sudo update-initramfs -u
pastikan bahwa grub menggunakan "option" splash. kira2 begini :
----------
title Ubuntu, kernel 2.6.17-11-386
root (hd0,0)
kernel /boot/vmlinuz-2.6.17-11-386 root=UUID=a95bf1bf-fb40-483f-a0b8-a80380ad112a ro quiet splash vga=791
initrd /boot/initrd.img-2.6.17-11-386
savedefault
boot
----------
kalau pada /boot/grub/menu.lst anda tidak ada kata "splash" tambahkan saja.

kemudian REBOOT : seharusnya splash akan kembali muncul.

salam
SIRBATS

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.