21.2.07

Open Office 2.1 - Final Session


21 Februari 2007 : 19.37

Paling tidak itulah angka pada pojok kanan atas penanda waktu di monitorku. Ini ujung sebuah proses panjang 'kejengkelan' ; setelah kehilangan OOo 2.0.2 milik dapper, kuputuskan menginstall ulang ubuntu-box. Lagian sejak lama ingin membersihkan direktory /home di ubuntu box, karena sudah cukup penuh dengan file tak berguna hasil percobaan dengan berbagai desktop ubuntu, mulai ubuntu, kubuntu dan xubuntu, sampai akhirnya memutuskan kembali ke gnome (ubuntu).

dengan modal CD dapper hasil kiriman teman, mulai mengintall ulang, mengubah partisi menjadi 'lebih sederhana' tadinya partisi sbb :
/root
/boot
/usr
/swap
/home
/dokumen
/data
/swap
sengaja membuat dua swap mengikuti saran sebuah website. Dua partisi yg di-mount /dokumen dan /data tidak berani dikutik-kutik, terlalu banyak data disitu dan sejak awal dua-duanya menggunakan resiferfs. Singkat cerita dapper di reinstall dengan partisi :
/root
/swap
/home
/dokumen
/data
selesai install dapper langsung update ke edgy dengan 'internet' ... weleh membutuhkan waktu sekitar 5 jam untuk mendonlot 567 MB file pada malam hari dan bisa ditinggal bobok.

Akhirnya, dapper sudah naik pangkat ke edgy tanpa banyak kendala, kecuali boot-splash hilang, tapi pada dasarnya saya suka melihat huruf putih diatas layar hitam ketika ubuntu-box booting. Grub mendeteksi dengan tepat dan tidak butuh tweaking sama sekali. Satu hal yang bisa diyakini dan terbukti benar, colokkan semua periperal yg akan dipakai saat install, maka ubuntu akan mendeteksinya, termasuk Nokia E70 terdeteksi dan bisa digunakan untuk konek internet dengan gprs; tapi belum bisa di-mount untuk dikuprek file-file nya. Ntar aja dech !!

Dari rekan di milis, sebuah link berikan "coba bandingkan dengan langkah-langkah yang ada disini http://bodmas.org/blog/?p=523 , saya sudah coba install openoffice 2.1 lewat panduan di blog tersebut dan berhasil dengan baik.
Semoga dapat membantu : Ardian " Nasihat yg paik patut di coba. Dan eureka, berhasil dengan baik. Kini edgy sudah difituri OOo 2.1. Seperti gambar dipojok atas tuh.

Lain - lain nanti ya, ini cuma konfirmasi, link yang diberikan Ardian bisa dijadikan panduan.

salam
SIR BATS

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.