7.10.07

GutsyGibbon Beta - T61 - DisplayConfigGtk

DisplayConfigGtk Fitur usungan ubuntu 7.10 GutsyGibbon, sangat menarik, karena menyuguhkan cara mengkonfigurasi kartu grafis secara Full GUI (Graphical User Interface). Konon interface paling manusiawi dibanding model terminal ala Linux Ortodoks.

Sayang sekali, saya tidak berhasil menikmati fitur ini, entah apa sebabnya; Pop-up DisplayCondigGtk terus menerus muncul ketika T-61 booting di X sehingga user tidak bisa log-in. Mencoba memanfaatkan fitur ini untuk mengkonfigurasi kartu grafis nVidia Quadro NVS 140 M dan tidak berhasil. Al-hasil tidak bisa log-in. Kejadian ini muncul setelah melakukan # aptitude safe-upgrade

Pencet [ctrl]+[alt]+F2 untuk pindah ke terminal, dan log-in di terminal; namun DisplayConfigGtk masih terus memunculkan Pop-up. Rupanya gdm harus di non-aktifkan # /etc/init.d/gdm stop. Pop-up berhenti.

Akhirnya memilih # aptitude remove displayconfig-gtk. Dengan pertimbangan, tokh fitur ini tidak setiap saat dibutuhkan, dibutuhkan hanya satu kali saat instalasi. Kecuali tentu saja bila kartu grafis diganti dengan model dan type berbeda. Sesuatu yang sangat jarang terjadi pada pengguna komputer umum. Untuk mengkonfigurasi kartu grafis, kembali ke gaya ortodok. Lakukan di terminal # dpkg-reconfigure xserver-xorg dan memilih nvidia sebagai driver. Ini merupakan driver propertiery, kode driver open source untuk kartu NVIDIA adalah nv.

Voila semua berjalan sesuai harapan (Tapi harapannya tidak boleh terlalu tinggi) karena beberata fitur tidak berjalan sesuai brosur.

Tombol

Fn+F2 untuk mengkatifkan screensaver (lock screen) berjalan mulus.
Fn+F3 untuk menampilkan Pop-up kondisi battery, berjaln mulus.
Fn+PgUp untuk mengaktifkan dan non-aktifkan ThinkLight berjalan mulus.
tombol volume Menaikkan/menurunkan volume dan mute/unmute, berjalan mulus.

Fn+Home dan Fn+End untuk meningkatkan/menurunkan kecerahan (brightness) tampilan layar; beroperasi, Pop-up kecerahan layar muncul tapi Tidak Berfungsi.

Fn+F4 suspend (To Ram) berfungsi, komputer bisa suspend, tapi tidak bisa resume saat resume yang muncul black blank. Hal sama terjadi pada tombol Fn+F12 untuk hibernate (To Disk). untuk yang berkartu grafis intel dengan menambahkan defopstions=quiet splash dengan acpi_sleep=s3_bios konon bisa berjalan mulus untuk suspend/hibernate dan resume.

Tombol berlogo windows Juga tidak berfungsi ... entah apa sebabnya.

2 comments:

  1. untuk tombol win coba di set di System --> Preferences --> Keyboard

    hasil testnya dimasukkin ke http://wiki.ubuntu-id.org/PerangkatKeras/ donk om :D

    *masih ngiler sama T61 nya*

    ReplyDelete
  2. aduh.. kalo ogut ngiler sama dua dara yang dibelakang foto ente itu bozz.

    ntar dimasukkin di wiki deh :D

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.